Iklan

MNL48 Disbandment kenapa mnl bubar alasan penyebab !

MNL48 Disbandment kenapa mnl bubar alasan penyebab

MNL48 Disbandment kenapa mnl bubar alasan penyebab

Promo for Fei QinYuan and Sun ZhenNi of #SNH48 Team HII with Xie LeiLei of #GNZ48 Team G and Su ShanShan of #BEJ48 Team E who will appear in the February 16th edition of the HunanTV show "Happy Camp"

[INFO]

Jadwal MNL48 hari ini

- Special Guest at Lipa Love Fest

Olan place,Marawoy,Lipa City

- Special Guest At Santa Maria Town Fiesta

Patio,La Purisima Concepcion Parish

Kobayashi Yui 1st photobook cover

Normal cover, Amazon cover, and HMV limited cover

[INFO] 190215 IZ*ONE Trending (11 KST)

No.2 di Jepang :

#Mステ

#Mステ初出演IZONE

New single of Keyakizaka46, "Kuroi Hitsuji" will debut live in TV Asahi "Music Station" on February 22nd 2019 at 20:00 JST.

#欅坂46

#黒い羊

#Mステ
Imaizumi Yui to Guest Star on The Good Wife

[INTERMEZZO] Tadi member JKT48 (Feni, Shani, Gracia) datang ke acara bridal showernya Elaine Hartanto (mantan member JKT48 generasi 3) di Blueprint Bites & Brew dan yang menjadi bridesmaid adalah Gracia JKT48 dan Sofia Meifaliani (mantan member JKT48 generasi 3)

"Bridesmaid adalah para gadis cantik yang biasa memakai gaun yang sama dan terlihat di sekeliling pengantin wanita, para bridesmaid adalah mereka yang paling dekat dengan si pengantin wanita, bisa sahabat atau saudara"

"Bridal Shower adalah pesta pemberian hadiah yang digelar untuk calon pengantin wanita yang sebentar lagi akan menikah dan dianggap sebagai pengganti mas kawin. Kebiasaan atau fenomena ini dimulai sejak tahun 1890-an yang dikenal di Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Selandia Baru. Tradisi ini umumnya juga dihadiri oleh keluarga calon pengantin wanita, namun di Indonesia tradisi ini sangat berbeda sekali dengan yang dilakukan oleh orang-orang luar negeri. Seperti yang dilansir Side.id (MP Media) Perayaan Bridal Shower di Indonesia hanya dijadikan sebagai ajang berkumpul bersama para sahabat atau teman-teman dekat untuk mengerjai calon pengantin wanita dan tidak memberikan hadiah. Perayaan ini diisi dengan dekorasi yang mewah di satu meja, lalu ada hiasan bunga-bunga cantik, balon-balon berwarna, dan juga ada lampu hias"
Xu JiaQi (Kiki) of #SNH48 Team SII (1st generation) and member of subunit #SEN7ES performing her solo unit song during the first team stage following the Spring Festival holiday on February 15th

Kemarin (15/02/2019) 22/7 merilis program variety show reguler bulanan pada aplikasi live streaming SHOWROOM dengan nama "Nananiji ROOM".

Tiap episodenya mereka akan melakukan berbagai tantangan secara live. Episode kedua akan ditayangnya pada tanggal 8 Maret 2019 di channel/room 22/7 yang ada di aplikasi SHOWROOM (http://bit.ly/2GNoSIf) dan kabarnya pada siaran nanti akan diumumkan berita penting (mungkin single ke-4, atau perilisan anime, atau sesuatu yang lain).

Dalam kesempatan itu juga mereka mengumumkan akan melakukan live streaming Showroom untuk memperingati "Nananiji's Day" yang jatuh pada tanggal 27 Februari mendatang. Dalam siaran itu para member akan dituntut untuk mengumpulkan penonton sebanyak 22700 orang. Dalam batas waktu yang tidak ditentukan, mereka akan silih berganti melakukan siaran sampai target penonton tercapai. Yang sudah familiar dengan aplikasi Showroom bisa meluangkan waktunya untuk sekedar mampir saat mereka siaran nanti :) (link channel/room-nya sama seperti link diatas, siaran dimulai pukul 15.00 WIB).

Imaizumi Yui akan bermain peran dalam sebuah Dorama remake berjudul “GOOD WIFE” yang di siarkan stasiun TV TBS Zummin akan tampil di episode 6. Episode ini akan ditayangkan pada 17 Februari 2019.

Dan ini merupakan debut perdananya dalam bermain peran setelah dirinya lulus dari keyakizaka46.
[TRANS] 190215 IZ*ONE at Buzz Rhythm: Hal yang disukai dari member❤

🍁Nako>Minju

-Aku suka saat melihat Minju yang tersenyum sendirian ketika melihat ponselnya

- Nako: aku pikir mengapa ia seperti itu? Apa yang ia lihat? Ternyata ia melihat fotonya sendiri

- Minju: aku pikir itu lucu saat melihat fotoku yang tanpa riasan.

- Rhythm-san: jadi kamu melihat itu karena lucu ya

- Nako: tapi aku yakin ia percaya diri akan hal itu (tentang kecantikannya)

-Minju: ah tidak tidak😅

🍁Sakura>Hyewon

- "Ketika aku sedang makan dia berkata 'beri aku sesuap' tetapi ia memakan semuanya"

- Sakura: aku suka saat Kang-chan sedang makan, dia memang suka makan. Aku suka hal itu

- Rhythm-san: sebenarnya kamu kesal bukan?

- Hyewon: makanan milik Sakura terlihat lebih lezat

- Sakura: aku ingin ia memperbaiki sifatnya yang seperti itu

🍁Wonyoung>Nako

-"Sulit bangun, tetapi ia memasang alarm terlalu cepat (dari jam bangunnya) meski begitu aku suka.

- Wonyoung: aku, Nako, Sakura dan Yuri adalah teman sekamar. Aku bertanya-tanya 'mengapa di jam seperti ini memasang alarm?' Ketika kami tidur, alarmnya berbunyi. 'Eh Nako sedang apa? (Alarmnya berbunyi di jam saat mereka tidur)' dan selalu seperti itu

- Rhythm-san: kamu suka saat dia seperti itu?

-Nako: harusnya menentang bukan? (Hantai)

-Wonyoung: dia 'mesum' (Hentai) tetapi dia lucu *Wonyoung salah menyebut kata "Hantai" Menjadi "Hentai" (Semuanya tertawa)😂😂😂

-Rhythm san: dia aneh bukan

[FANACC] 190216 IZ*ONE Hi-Touch at Chiba Makuhari Messe

🍓OP: Halo

Hyewo : Aku melihatmu berbicara dengan Eunbi unnie barusan! Kamu bilang besok akan datang?

OP: Mm.. itu keke benar

Hyewon: kamu akan datang menemuiku juga kan?

OP: Tentu saja aku menemui semua member untuk besok!

🍓OP bertanya kepada Yena peringkat dari LoL-nya dan dia melakukan 🤫 dan mengatakan itu rahasia

[FANACC] 190216 IZ*ONE Hi-Touch at Chiba Makuhari Messe

🍓OP: Kwangbae aku di sini

HW: Ya~ aku melihat~! Unnie kamu pergi menemui Yuri?

OP: Mm aku menemuinya tiga kali,sekarang aku akan pergi lagi

Hyewon: Temui aku lagi juga!

🍓OP: Mengapa matamu bengkak?

Yujin: Hehe (terus tertawa)

OP: Ramyeon apa yang kamu suka? (🖐)

Yujin: (🖐) Shin ramyeon

OP: Apa yang kamu katakan?

Yujin: (Memandang malu-malu pada bodyguard di sisinya)Pedas...hitam

OP: Ah ..

OP: Kemana kamu pergi dengan Kwangsoon?(Hyewon) (🖐)

YJ: (🖐) Um..Kwangsoon..liburan..ah..Gapyeong!

[FANACC] 190216 IZ*ONE Hi-Touch at Chiba Makuhari Messe

🍓OP mengatakan "Yena-ya hai" (dalam bahasa Korea) dan Yena mengatakan bahasa Korea nya benar-benar bagus

🍓Rambut Chaeyeon diikat selama Hi-touch

🍓OP: Yujin-ah aku membaca emailmu dengan baik! Unggah banyak foto!

Yujin: Terima kasih (dalam bahasa Jepang)

OP: *mengangguk* *melambaikan tangan*

"??? Aku menjadi orang Jepang, apakah bahasa Koreaku tidak jelas karena aku terlalu gugup TT Yujin-ah aku orang Korea"

🍓Eunbi mengenakan gaun kuning?

OP: Eunbi-ya aku datang dari Korea!

Eunbi: Heh? Terima kasih apa yang harus aku lakukan .. TT ^ TT

OP: Sampai jumpa lagi!

OP: Eunbi tolong lakukan wink sekali saja..! (OP melakukan wink terlebih dahulu)

EB: Oke..! Terima kasih (dalam bahasa Jepang)

OP: ??

OP: Eunbi-ya apakah kamu sudah sarapan?

Eunhi: Ah~ ya~ aku makan~ terima kasih

OP: Oh oh~

[FANACC] 190216 IZ*ONE Hi-Touch at Chiba Makuhari Messe

🍓OP: Halo!

Chaewon: Oh? Oppa kamu datang ke fanmeeting kan? Kamu datang dari jauh hari ini~

OP: Benar, TT Sampai jumpa lagi di Osaka besok!

Chaewon: Ya! Sampai jumpa TT

🍓OP: Nako halo!

Nako: Oh! Korea WIZ*ONE!

OP: aku akan pergi ke Osaka besok?

Nako: Wow benarkah? Terima kasih telah datang kembali!

🍓OP: Hai!

Eunbi: Hai teman! Aku melihat seorang teman di Jepang juga kekeke (OP mengatakan kepada Eunbi bahwa mereka seusia saat fansign)

OP: aku tahu benar keke sampai jumpa di Osaka besok!

Eunbi: Keu~ Memang punya teman itu hebat~ sampai jumpa besok~

🍓OP: Halo! Selamat ulang tahun yang terlambat!

Minju: Ahaha terima kasih banyak!

OP: Apakah kamu melihat iklan ulang tahunmu?

Minuu: Ya TT aku benar-benar tersentuh TT Datang lagi

OP: aku akan datang besok~
[FANACC] 190216 IZ*ONE Hi-Touch at Chiba Makuhari Messe

🍓OP: Aku sudah menyukaimu sejak Sixteen! Aku mendukungmu!!

Chaeyeon: ehhhhh! Terima kasih!!

OP: 👋

Chaeyeon: ☺️👋

🍓OP: Selamat untuk hari pertama menduduki no. 1 di Oricon Chart

Sakura: Bukankah itu luar biasa 😳

OP: ya

Sakura: aku merasa lega, terima kasih

[FANACC] 190216 IZ*ONE Hi-Touch at Chiba Makuhari Messe

Sakura: Ah. Eiji-san!

OP: comeback Korea pada bulan Maret?

Sakura: Hmm~ ... April ...?

[FANACC] 190216 IZ*ONE Hi-Touch at Chiba Makuhari Messe

Sakura: 〇〇-chan, ini singkat bukan~

OP: (pada saat yang sama): memainkan Fortnite,,,

Sakura & OP: Ah.

Sakura: Ini bukan Fortnite~ sekarang Apex Legends

OP: aku tidak tahu~~

Keduanya tersenyum pahit lol

[FANACC] 190216 IZ*ONE Hi-Touch at Chiba Makuhari Messe

🍓OP: Wonyoung, apakah kamu ingat?

Wonyoung: &/$/@&@/@&❣️

OP tidak mengerti apa yang Wonyoung bicarakan tetapi karena Wonyoung adalah bayi,OP mencoba mengerti😂😂

🍓OP: Sakura🌸 Apakah kamu ingat aku❓

Sakura: aku ingat 💡Hideji-san❣️

Tapi nama OP sebenarnya diucapkan sebagai Eiji dan bukan Hideji, biasanya orang akan mengatakannya sebagai Eiji sehingga dia bertanya-tanya apakah dia menerjemahkan namanya menggunakan google dengan kanji dan menghafalnya seperti ini

[FANACC] 190216 IZ*ONE Hi-Touch at Chiba Makuhari Messe

🍓OP: Senang bertemu denganmu

Yuri: Senang bertemu denganmu

OP: Aku menyukaimu

Yuri: Aku juga menyukaimu

OP: Bisakah kamu meniru Kuro-chan?

Yuri: wa wa wa wa- (meniru Kuro-chan)

🍓Nako ingat OP dan berkata, “Ah! Sudah lama~!! Apakah kamu baik-baik saja!?"

Karena OP pergi dengan barang bawaan, Nako memberikan OP jempol 👍, OP pikir itu lucu.
[FANACC] 190216 IZ*ONE Hi-Touch at Chiba Makuhari Messe

OP: Sakuchan, aku membuat sketsa gambar dan membuat pakaian dengannya..!!

Sakura: aku melihatnya di twitter..!

Ham-chan! 😊

OP: Eh. (OP membeku)

ah ah ah terima kasih banyak 😭👋

Sakura:

[FANACC] 190216 IZ*ONE Hi-Touch at Chiba Makuhari Messe

🍓OP mengatakan fans yang datang di Hi-Touch hari ini adalah 70% perempuan

30% laki-laki

🍓Chaeyeon: arigatou gozaimasu

OP: annyeonghaseyo

Chaeyeon: ??? a-apa? Apakah kamu orang Korea?

OP: ya, aku sedang belajar di Jepang

Chaeyeon: oh oh! senang bertemu denganmu!

OP mengatakan dia hanya memiliki sekitar 5 detik untuk mengobrol

🍓OP: bertahanlah, lakukan yang terbaik!

Wonyoung: aku akan melakukan yang terbaik!

Wonyoung: kamu melakukan yang terbaik juga!

OP: * terlalu malu untuk melakukan kontak mata pada saat ini *

OP: aku akan melakukan yang terbaik juga!

🍓OP mengatakan dia melakukan Second Gear di depan Hyewon😂😂

🍓OP: aku datang jauh-jauh dari Korea!

Wonyoung: aku juga!

[FANTAKEN] 190216 IZ*ONE Official Goods at Chiba Makuhari Messe

[FANTAKEN] 190216 Kondisi saat ini di Chiba Makuhari Messe tempat IZ*ONE melakukan Hi-Touch

Delapan besar Finalis AKB48G singing competition akan mendapatkan konser di Toyosu PIT pada 25 Maret 2019 dan rekaman konser tersebut akan disiarkan pada 1 April 2019 di TBS Channel.

Kedelapan Member finalis adalah Nojima Kano, Yahagi Moeka, Okada Nana, Yamasaki Amiru, Yamauchi Suzuran, Yokoyama Yui (8), Yano Honoka, Sakamoto Erena + Oda Erina.

(INFO)

Maken Gumi Fest☆2019

Pengumuman pertama untuk idol grup yg di pilih mengikuti Maken Gumi Fest 2019 telah di umumkan, dari AKB48 dipilih 6 member dari Gen 16 dan 6 member dari Draft gen 2 dan 3.

Akan diselenggarakan pada 21 Maret 2019 di Shinkiba Studio Coast.

16期 : Asai Nanami, Inagaki Kaori, Suzuki Kurumi, Taguchi Manaka, Yasuda Kana, Yamane Suzuha

Draft Gen 2 : Kubo Satone, Chiba Erii, Nishikawa Rei, Yamabe Ayu

Draft Gen 3 : Omori Maho, Tada Kyouka

untuk info lebih lanjut :

AKB48 Sekai Senbatsu Sousenkyo own clothes surprise book (¥1400) vs BNK48 Senbatsu General Election summary book (฿380)

เดี๋ยวว่างๆ จะรีวิวจ้า

#BNK48 #BNK48Election
🎉🎉 Congrats to 🎉🎉

Shen XiaoAi, Li Na and Ren XinYi awarded The BEJ48 theater MVP for the month of Jan 2019. MNL48 DISBANDMENT bubar DISBAND alasan kenapa reasons why dibubarkan disbanding disbanded MNL idol group Manila
[ INFO ] Kawamura Mahiro Ex Nogizaka46 akan segera debut di Agency Korea " Z-Pop Dream Project " dan menjadi anggota ke 7 yang diumumkan akan debut menjadi Girlgroup " Z-Girls ".

Z-Girls merupakan proyek Girl Group Internasional yang terdiri dari 7 Anggota dan berasal dari negara - negara berbeda di seluruh dunia diantaranya India, Indonesia, Korea, Jepang, Thailand, Taiwan, Filipina dan akan di debutkan di Korea . Selain Z-Girls ada pula Z-Boys dengan konsep yang sama.

Kawamura Mahiro mantan generasi 1 nogizaka46 ini bergabung sebagai member ke 7.

[INFO] JKT48 Schedule 17-2-2019:

- ada Desy JKT48 di acara "The East" NET TV jam 18.00 WIB

[INFO] JKT48 Schedule 18-2-2019:

- ada Zara JKT48 di acara "Sofa" MNC Music Channel (Channel 111) MNC Vision/Indovision jam 19.30 WIB

❴KEYAMagz❵

BRODY 4 April 2019 Special Edition 欅坂46 ダンス&MV スペシャル
[TRANSLATE]

Interview TAKAHIRO-SENSEI oleh Editorial Music "Real Sound"

振付師・ダンサーTAKAHIROが語る、欅坂46の表現が進化し続ける理由「言うならば、振付は器」

Koreografer Sekaligus Penari TAKAHIRO Berbicara tentang Alasan Mengapa Ekspresi Keyakizaka46 Terus Mengalami Kemajuan: Bisa Dibilang, Koreografi adalah Wadah Mereka

A.「欅坂46の強い歌詞ならこうなるのは当たり前」

A. “Karena kuatnya lirik Keyakizaka46, hal seperti ini sudah sewajarnya”

*ここからは欅坂46の振付について伺います。欅坂に関わることになったのは、乃木坂46の舞台『すべての犬は天国へ行く』(参照:乃木坂46が舞台『すべての犬は天国へ行く』で手にした、グループとしての強靭な武器)の振付を担当したことから発展したそうで。

*Saya akan mulai menanyakan tentang koreografi Keyakizaka46. Keterlibatan Anda dengan Keyakizaka46 dimulai saat anda menjadi penanggungjawab koreografi untuk drama panggung Nogizaka46 “Subete no Inu wa Tengoku e Iku”.

TAKAHIRO:その舞台を見たプロデューサーの方が「今度デビューする欅坂46というグループがあるんですけど、MV撮影の○月○日空いてますか?」って声をかけてくださったんです。偶然その日だけスケジュールが空いていて、やりましょうとなりました。

TAKAHIRO: Produser yang melihat drama panggung itu berbicara pada saya, “Setelah ini grup yang bernama Keyakizaka46 akan melakukan debut, apakah Anda kosong pada saat syuting video klip tanggal sekian bulan sekian?”. Kebetulan jadwal saya kosong hanya pada hari itu, jadi saya setuju untuk melakukannya.

*「サイレントマジョリティー」の振付がここまで話題になると思ってらっしゃいましたか?

*Pernahkah Anda berpikir koreografi “Silent Majority” bisa menjadi sepopuler ini?

TAKAHIRO:当然話題になったらいいなと夢見て作りました。とはいえ、こんなにたくさんの方がご覧になるとは想像だにしなかったです。

TAKAHIRO: Tentu saja saya membuatnya dengan harapan bisa menjadi populer. Namun, saya tidak pernah membayangkan akan begitu banyak orang yang melihatnya.

*J-POPのダンスは主に、全員同じ動きをするユニゾンや、運動量などに偏りが出ない振付が多いです。ところがこの曲は、平手友梨奈さんが特に目立つ構造で、彼女の先導に従って他メンバーがマスゲーム的に行進するという、フォーメーションの組み方や動き方からして特異な世界観でした。あれはTAKAHIROさんが歌詞から連想して作っていったんでしょうか?

*Grup J-POP pada umumnya memiliki tarian dimana seluruh membernya menarikan hal yang sama, lalu banyak koreografi yang tidak melulu soal banyaknya jumlah gerakan. Akan tetapi di lagu ini, Hirate Yurina-san begitu menonjol di dalam formasi, member lainnya seperti sedang berparade dalam sebuah mass game yang dipimpinnya. Mulai dari cara mereka membentuk formasi hingga gerakannya benar-benar dibuat dengan perspektif yang unik. Apakah Anda membuat koreografi yang berkaitan dengan liriknya?
TAKAHIRO:そうです。逆に単調なフォーメーションを求めている歌詞だったらそうしてました。「サイレントマジョリティー」は、みんな物を言わず同じ方向を向いてる現代社会の中で、その群衆の中にいる1人が「違う」と言い出して逆の方向に向かう。するとそれに呼応するように「私も違う」「私も違うと思う」と大きな流れができていく。その様を一つのステージの中で描くには、どう表現したらいいかなと考えて作りました。

TAKAHIRO: Benar. Sebaliknya, jika liriknya menuntut formasi yang monoton, maka saya akan membuat koreografi yang seperti pada umumnya. “Silent Majority” adalah lagu tentang masyarakat zaman sekarang yang semuanya terus melangkah ke arah yang sama tanpa mengatakan apapun. Namun di antara kerumunan itu, ada 1 orang yang berkata “Ini salah” kemudian melangkah ke arah sebaliknya. Orang-orang kemudian saling meresponnya, “Aku juga”, “Menurutku ini juga salah”, hingga menjadi sebuah kerumunan yang besar. Saya membuatnya dengan memikirkan bagaimana sebaiknya mengekspresikan dan menggambarkan hal tersebut di atas panggung.

*大人数グループだとそういう絵が作れるんですね。

*Anda bisa membuat gambarannya karena mereka grup dengan jumlah anggota yang banyak, ya?

TAKAHIRO:そうなんです。21人がいたからこそのダイナミックな絵が。

TAKAHIRO: Benar. Saya bisa membuat gambaran yang dinamis karena mereka ada 21 orang.

*品を重ねるにつれて振付のトリッキーさが加速していることについてはいかがでしょうか。「エキセントリック」は靴を片方脱いでぶんぶん回して放り投げ、「月曜日の朝、スカートを切られた」はもはや一つの演劇のようです。

*Lalu, bagaimana dengan semakin rumitnya koreografi yang sejalan dengan bertambahnya lagu-lagu mereka? Di lagu “Eccentric” mereka melepas salah satu sepatu, kemudian memutar-mutar dan melemparkannya. Koreografi “Getsuyoubi no Asa, Skirt wo Kirareta” juga seperti sebuah pementasan teatrikal.

TAKAHIRO:トリッキーさが加速してるのは歌詞に呼応してます。歌詞がどんどん攻めていってるんですよ。

TAKAHIRO: Semakin rumitnya koregrafi mereka merupakan respon dari liriknya. Lirik mereka semakin lama semakin agresif.
*見る人に衝撃を与えよう、みたいなてらいは特にないと。

*Itu artinya tidak ada maksud tertentu untuk memberikan efek kejut pada orang yang melihatnya.

TAKAHIRO:こんなに強い歌詞なんだからこうなるのは当たり前じゃないかって思っています。<I am eccentric 変わり者でいい 普通なんかごめんだ>って言ってるのにボックスステップ踏むのは変だし、<僕は嫌だ>って叫んでるんだから動きも叫びに合ったものになる。欅坂46の強い歌詞だからこそなんです。

TAKAHIRO: Karena liriknya sekuat ini, maka saya berpikir sudah sewajarnya koreografinya seperti ini. Meskipun liriknya mengatakan, “I am eccentric, kawarimono de ii, futsu nanka gomen da” (Aku seorang eksentrik, tak mengapa jadi orang aneh, maaf bila diriku terlalu normal), melakukan box step itu adalah hal yang aneh. Karena mereka berteriak “Boku wa iya da” (Aku tak sudi), maka gerakannya juga harus sesuai dengan teriakan itu. Itu semua karena kuatnya lirik Keyakizaka46.

*「これぐらいやってもいいんだ」と幅が広がってきているような感覚はありますか?

*“Kalian bisa melakukannya kira-kira hingga sejauh ini”, adakah keinginan supaya jangkauan mereka semakin luas?

TAKAHIRO:それはメンバーのレベルが上がったから、作れる幅も広がってきたんです。例えば「不協和音」でバーンって撃たれたように倒れるシーンがあるのですが、今のメンバーなら本当に身体が大丈夫? って思うぐらい心を揺さぶる動きができるんですよ。結成されてから2年の時間をかけて、彼女たちが可能性の幅をどんどん広げていることを感じます。

TAKAHIRO: Karena level member yang meningkat, saya memperluas jangkauan yang bisa dibuat. Contohnya “Fukyouwaon”, ada gerakan dimana mereka roboh seolah-olah karena tertembak. Saya bisa menyelesaikan gerakan yang menggetarkan hati dengan pikiran seperti ini, “Apakah tubuh member yang sekarang akan benar-benar tidak apa-apa saat melakukannya?”. Setelah 2 tahun sejak pembentukan mereka, saya merasa potensi jangkauan mereka perlahan-lahan semakin meluas.

B.「表現者としての欅坂46」

B. “Keyakizaka46 sebagai seniman ekspresi”

*TAKAHIROさんは今や欅坂46のライブ演出でも大きな役割を果たしていて、この夏はツアー『欅坂46 全国ツアー2017「真っ白なものは汚したくなる」』の総合振付およびステージングを担当しました。そこで披露された「東京タワーはどこから見える?」は面白い振付でしたね。
* Saat ini TAKAHIRO-san juga mengemban peran penting dalam produksi konser Keyakizaka46. Dalam tur “Keyakizaka46 Tour 2017 ~Masshiro na Mono wa Yogoshitaku Naru~” di musim panas ini, Anda bertanggungjawab dalam koordinasi pementasan dan koreografi. “Tokyo Tower wa Doko kara Mieru?” yang ditampilkan di tur punya koreografi yang menarik, ya?

TAKAHIRO:グループ初の“マルチセンターシステム”を行いました。センターがどんどん変わっていくんです。センターの人は自分の持ってるストーリーだったり個性に合った動きをやってもらい、残りのメンバーは今センターになってる人を際立たせる動きを一緒に行うという作りになってます。

TAKAHIRO: Itu adalah “sistem multi-center” pertama di grup ini. Centernya berganti terus-menerus. Setiap center punya ceritanya masing-masing dan juga diberikan koreografi yang sesuai dengan kepribadiannya. Sebuah karya dimana member lainnya menampilkan koreografi yang menarik perhatian bersama-sama dengan member yang tengah menjadi center.

*佐藤詩織さんならバレエ、鈴本美愉さんならキレキレのヒップホップなど、メンバーの特性を深く理解しているTAKAHIROさんならではの手法だと思いました。どういう意図であの振付が生まれたんでしょうか?

*Sato shiori dengan tarian balet, Suzumoto Miyu dengan tarian hip-hop yang enerjik, saya pikir itu metode TAKAHIRO-san untuk memahami secara mendalam ciri khas masing-masing member. Tujuan seperti apa yang membuat Anda melahirkan koreografi itu?

TAKAHIRO:欅坂46はたぶん平手友梨奈さんが一番目立って見えているだろうけど、実は一人ひとりがすごく大事なポジションを担ってるんですよ。あれは欅坂46全員、今の体制でいうと21人、みんながみんな主の東京タワーだっていうことなんですよ。「東京タワーはどこから見える?」=メンバーそれぞれが、お客さんにとって一番見えるところにいるべき曲だなと思いました。

お客さんからすると、それぞれに見たいタワーがいるわけです。MVと違ってライブだから、各々好きなメンバーを目で追っているかもしれなくて、誰の目からも東京タワーが見えるようにしました。だけど最後、その東京タワーが重なって一つの影になっていって見えなくなる。そして今のセンターを担う平手友梨奈さんの手のひらが東京タワーの影から出てくる、というストーリーでした。
TAKAHIRO: Di Keyakizaka46 yang terlihat paling menonjol mungkin Hirate Yurina-san, tapi sebenarnya masing-masing member mengemban posisi yang sangat penting. Seluruh member Keyakizaka46, 21 orang dalam formasi saat ini, semuanya adalah Tokyo Tower. Lagu “Tokyo Tower wa Doko kara Mieru?” sama dengan masing-masing member, saya pikir bagi penonton ini adalah lagu yang seharusnya berada di tempat yang paling mudah terlihat.

Dari sudut pandang penonton, tower yang ingin dilihat pastilah berbeda-beda. Karena konser berbeda dengan video klip, mungkin tiap penonton akan berusaha mengikuti pergerakan member yang disukainya. Dari mata siapapun, member dapat terlihat sebagai Tokyo Tower. Akan tetapi, di bagian akhir, Tokyo Tower itu berkumpul, menjadi satu bayangan, dan menjadi tak terlihat. Kemudian, Hirate Yurina-san yang tengah mengemban peran sebagai center mengeluarkan telapak tangannya dari bayangan Tokyo Tower, seperti itulah ceritanya.

*以前、TAKAHIROさんが「彼女たちはアイドルでありながら表現者なんだと尊敬します」と発言されているのを見ました。どんなところが表現者だと思うか教えていただけますか。

*Sebelumnya, saya pernah melihat pernyataan TAKAHIRO-san, “Saya mengagumi mereka sebagai idola sekaligus seniman ekspresi”. Bisakah Anda memberitahukan bagian mananya yang menurut Anda merupakan seniman ekspresi?

TAKAHIRO:メンバーの皆さんはシンプルに、何を伝えるかっていうことを大事にしています。例えばツアー練習の時、忙しく「まず形を覚えてください」と言ったら、形を覚えて練習したあと、メンバーが僕のところに来てこう言いました。「形を覚えるだけだとメンバーによって若干ニュアンスが違う気がするから、やっぱり話し合う時間を作りたい。私たちはがんばれるからその時間を作ってほしいです」と逆に言われたんです。本人たちはただの形を見せようとしてるんじゃなくて、曲のメッセージを心から伝えたいんだなと。そういう時に表現者だなって思います。
TAKAHIRO: Sederhananya begini, mereka semua mereka menganggap penting hal yang akan mereka sampaikan. Contohnya pada saat latihan tur, saya mengatakan “Untuk awalnya, tolong ingat gerakannya” di tengah kesibukan mereka. Setelah selesai latihan mengingat gerakan, mereka mendatangi saya untuk mengatakan sesuatu. Mereka bilang pada saya, “Kalau hanya mengingat gerakannya, kami merasa beberapa member akan memiliki gambaran nuansa yang berbeda, jadi kami ingin diberi waktu untuk berdiskusi. Kami akan berjuang, jadi kami ingin waktu untuk itu”. Mereka tidak hanya ingin memperlihatkan gerakannya, tapi juga ingin menyampaikan dari hati pesan dari lagu-lagu mereka. Pada saat itu saya berpikir mereka adalah seniman ekspresi.

*TAKAHIROさんには特定の師匠がいなかったわけですが、今お話を聞いていると、欅坂46のメンバーはTAKAHIROさんを師匠としてそのスタイルを継承しているようにも思えます。

*TAKAHIRO-san mungkin tidak menganggap diri Anda sebagai guru khusus bagi mereka, tapi begitu saya mendengarkan cerita Anda tadi, saya jadi berpikir sepertinya member Keyakizaka46 mewarisi gaya Anda sebagai guru mereka.

TAKAHIRO:欅坂46の一番素晴らしいところは、誰かにやらされてるんじゃなくて自分たちで欅坂46を作ってるところなんです。僕は設定やきっかけを与えるだけの存在です。例えば彼女たちの人気曲「世界には愛しかない」だったら、歌詞の中で<最後に大人に逆らったのはいつだろう>って言ってる、なら主人公は現在何歳だと思う?とか、「二人セゾン」だったら<僕>は今までどんな人間だったんだろう? とか、 僕は歌詞が伝えている設定をみんなで共有する時間を持ちます。そうやって主人公の心情やメッセージについて話し合って、世界観を共有し、メンバー自身が最終的に考えて答えを出す。僕が答えを教えてるわけじゃないんです。

TAKAHIRO: Hal paling luar biasa dari Keyakizaka46 ialah mereka tidak melakukan sesuatu karena permintaan orang lain, mereka menciptakan Keyakizaka46 dengan kekuatan mereka sendiri. Saya hanyalah seseorang yang memberikan latar dan umpan. Contohnya lagu mereka yang populer “Sekai ni wa Ai shikanai”, ada lirik yang berbunyi “Saigo ni otona ni sakaratta no wa itsu darou” (Entah kapan terakhir kali aku menentang orang dewasa), kemudian saya bertanya pada mereka kira-kira berapakah usia dari tokoh utama lagu tersebut? Lalu di lagu “Futari Saison”, si “aku” ini kira-kira manusia yang seperti apa selama ini? Saya punya waktu untuk berbagi dengan mereka mengenai latar yang akan disampaikan dari lirik-liriknya. Kami berdiskusi tentang pesan dan perasaan dari si tokoh utama, kami juga saling berbagi pandangan, akhirnya member sendirilah yang berpikir dan mendapatkan jawabannya. Saya tidak pernah memberitahukan jawabannya pada mereka.

*なるほど。確かに表現者ですね。

*Ternyata begitu. Mereka ternyata memang seniman ekspresi.
TAKAHIRO:言うならば、振付は器。そこに本人たちが色のついた水を注ぐ。彼女たちは空っぽな器をただ空っぽに表現してるんじゃなくて、自分たちのアイデンティティを波々と注ぎ込んでいる。そこが欅坂46の魅力だと思います。歌詞を自分の言葉として出す、一つひとつの振付をダンスとしてじゃなくて自分の感情のように内なるものとして出しているから、表現が生まれているのだと思います。

TAKAHIRO: Bisa dibilang, koreografi adalah wadah mereka. Mereka menuangkan air berwarna ke dalamnya. Mereka tidak hanya mengekspresikan begitu saja wadah yang kosong, mereka menuangkan secara terus-menerus identitas mereka sendiri ke dalamnya. Saya pikir itulah daya tarik Keyakizaka46. Mereka menyampaikan liriknya sebagai perkataan mereka sendiri, mereka tidak cuma menarikan satu per satu koreografinya, mereka mengekpresikannya sebagai bagian dari diri mereka sendiri, seolah-olah itu adalah emosi mereka sendiri.


0 Response to "MNL48 Disbandment kenapa mnl bubar alasan penyebab !"

Posting Komentar