Iklan

Sakamichi Review : Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru Nogizaka46 !

Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru, 22nd single Nogizaka ini akhirnya rilis pada 14 November 2018. Well, seperti yang kalian tahu, aku sudah bilang kalau single ini bukanlah single favoritku dari Nogizaka. Dari review-review MV yang relatif datar saja sampai first live performance yang…..juga biasa saja.


Untuk lebih detail, ini dia review dari lagu-lagu Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru. Seperti biasa mencakup tentang cover, lagu, dan konklusi. Karena seifuku untuk single ini belum kudapat, jadi tidak bisa komentar juga tentang itu.

Covers Coverage
Type A
Type A

Type B
Type B

Type C
Type C

Type D
Type D

Regular
Regular

Cover kali ini didominasi warna putih. Kalau untukku, cover kali ini seperti terlalu menunjukkan nuansa winter, tapi waktu rilis single ini belum masuk winter. Agak aneh sih. Type A jadi privelege center seperti biasa, dan ada hidden Doieya-san disini. Type B untuk Ashurin dan Maiyan. Posisinya seperti ratu dan dayang.

Type C untuk front row yang lain. Type D untuk 2nd row dan terakhir Reguler untuk 3rd row. Formula standar sih. Seperti Frozen yang dipadu dengan Snow White, atau Chronicles of Narnia.

Tracklist
帰り道は遠回りしたくなる Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru
Sakamichi Review : Kaerimichi wa Toomawari Shitakunaru MV


Sebagai main single, setidaknya dariku pribadi, Kaerimichi bukanlah nomor terkuat Nogi di tahun ini. Well, lagu ini punya formula yang staple, intro piano dan akustik yang dipadu elektronik di tengah, sangat purple line lah, tapi jelasnya, lack of punch.

Ini yang membuat Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru kurang oke saat didengarkan pertama kali. Apalagi saat review MV, sudah kukatakan kalau lagu ini biasa saja. Belum lagi blurted out terutama saat bagian rap, susah mendengar mereka bilang apa sebenarnya.

Tapi setelah mendengarkan dua kali, tiga kali, nilai untuk lagu ini naik setingkat. Not that plain as it wasn’t that great either, just average. Dan ini juga terjadi pada semua rilisan Nogi tahun ini.

Rate : 1/2

キャラバンは眠らない Caravan wa Nemuranai
Sakamichi Review : Caravan wa Nemuranai


Caravan wa Nemurenai berada di sisi yang lebih ringan. Musiknya lebih upbeat dan bright dibanding Kaerimichi. Tipikal B-side senbatsu (?) well, lagu ini ada di range yang sama dengan 18th single manatsukazumi. Secara keseluruhan, cukup enak, adiktif juga.

Hanya saja, untuk urusan vokal, kelemahan utama lagu ini. Entah hanya aku saja yang begini atau tidak, rasanya mereka bermain di vocal range yang terlalu tinggi di beberapa bagian. Agak kentara sih, jadinya yah, agak mengurangi nilai lagu ini.

Rate : 1/2

つづく Tsuzuku
Sakamichi Review : Tsuzuku


Solo song Naachan yang keenam. And goodbye for 2nd Kougosei Kibou. Lagu ini tipikal solo Naachan seperti sebelum-sebelumnya, tidak menyebut judul karena aku bukan fans dari lagu-lagu itu. Mendengarkan Tsuzuku bagiku seperti merusak hype yang dibangun Kaerimichi dan Caravan.

Setelah dua lagu yang relatif upbeat, lagu ini membuat mood langsung turun lagi. Belum lagi membicarakan vokal Naachan yang….. bukan tipeku. Dari dulu aku merasa forte Naachan bukanlah di ballad seperti ini, karena dia tidak punya vokalnya, lebih oke saat di lagu yang ceria.

Rate :

日常 Nichijou
Sakamichi Review : Nichijou


Sebagai Under song yang biasanya gampang masuk dan punya visual yang oke, Nichijou gagal dari segi visual. Dalam artian MV, terasa biasa saja seperti saat reviewnya. Nah, untuk urusan lagu, tidak jauh beda juga. Lagu ini terlalu elektronik, suara synth terasa mengganggu. Ini pendapat pribadi ya.

Sebenarnya lagu ini enak kalau saja tidak ada beat yang kurang pas, ditambah synth yang sangat mengganggu di beberapa bagian. Well, paham sih kalau itu untuk dance part, tapi toh dance yang ditampilkan juga tidak seimpresif musiknya.

Rate :

告白の順番 Kokuhaku no Junban
Sakamichi Review : Kokuhaku no Junban


Joshiko Quartet mendapat lagu terakhir, dengan MV yang bikin darah tinggi. Untung saja ada La Vie en Rose dan YES or YES yang bisa sedikit mendinginkan -dan siapa tahu, aku menikmati debut solo Jennie, mungkin saja akan ada review juga-

Well, Kokuhaku no Junban membawa nuansa retro, beda dengan sebelum-sebelumnya. Untuk mempersingkat saja; lagu ini adalah yang paling mengecewakan dari tiga lagu unit ini. Musiknya sih oke, vokalnya itu loh, bikin spechless seperti saat review MV-nya.

Rate :

ショパンの嘘つき Chopin no Usotsuki
Ikuchan, Maiyan, dan Sayuringo membawakan lagu ini. Dengan latar belakang musik yang aku tidak ingat apa nama genre-nya, yang pasti musik semacam ini umum di tahun 50’an. Mengedepankan vokal, Chopin no Usotsuki sebenarnya tidak spesial.

Vokalnya memang stabil, dan keseluruhan enak, tapi ada yang kurang karena keseluruhan aku hanya mendengar Iku dan Maiyan. Part Ringo disini sedikit nyaris tak kentara. Selain itu, tanpa MV hitam putih, ada perasaan kalau lagu ini kurang menjual seperti Inochi no Shinjitsu Musical.

Rate : 1/2

知りたいこと Shiritai Koto
Unit AshuMina dan YodaZuki kebagian lagu untuk versi reguler ini. Setelah Chopin, Shiritai Koto terdengar jeblos sedalam-dalamnya. Vokal disini terdengar jomplang dibandingkan Tsuzuku misalnya, terdengar seperti unit Neru, Oz, dan Mii dari Ambivalent -contoh paling dekatnya saja-

Aku tidak bisa suka lagu ini, padahal formulanya sama dengan Chikyuu ga Maruinara dari Jikochuu. Lagu ini hanya satu kali kudengarkan saat review, saking tidak betahnya lama-lama mendengarnya.

Rate :

Conclusion

Melihat pace Nogi belakangan ini, aku merasa waktu untuk melihat reuni akan datang lebih cepat
Well, Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru bukanlah single dimana aku bisa bilang “superb” jauh dari itu malah. 22nd single ini terasa hambar-hambar saja. But it was usual pattern, dalam dua tahun terakhir, rasanya tiap rilisan Nogi ya begini-begini saja.

Formulanya tetap; kecewa dengan main single, oke dengan satu-dua coupling, sisanya lebih baik tonton MV ketimbang mendengarkan lagunya. Dalam tiga tahun terakhir, kupikir tidak ada lagu yang bisa dibilang sebagai signature yang sebaik tahun-tahun awal.

Oke, signature song mungkin terlalu berlebihan, ubah saja jadi lagu yang identik dengan Nogi, lagu yang bisa membuat orang awam menebak kalau itu Nogizaka. Ada, Influencer. Hanya itu dan sudah dua tahun lalu, dan bukan tipikal Nogi, jadi yah…. kejutannya kurang.

Sakamichi Review : Influencer

Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru bukan pengecualian. Seperti Sayonara no Imi, lagu ini akan lebih diingat sebagai graduation song. Which is prevented it for having a bigger impact. That’s a pity.

Akhir kata, bagiku single ini membosankan. Bagaimana dengan kalian?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

0 Response to "Sakamichi Review : Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru Nogizaka46 !"

Posting Komentar