Iklan

Prediksi Keyakizaka46 Single ke-8 senbatsu members !

It’s happening. Keyakizaka 8th single akhirnya akan dirilis pada 27 Februari 2019. Sesuai dengan pengumumannya di website resmi Keyaki pada 14 Januari. Well, apa yang baru sampai-sampai aku tertarik untuk membuat prediksi “senbatsu” single ini?


FYI, prediksi untuk Keyaki terakhir kali kulakukan untuk 5th single. Dan kenapa sekarang aku membuat lagi? Well, pertama jelas; ada banyak perubahan member (3 grad) dan masuknya member baru. Jadi, ada kemungkinan akan ada perubahan kan?

Well, nope. Dari info yang ada, bonus untuk single ini adalah 36 tipe berbeda. Dengan kata lain, hanya ada dua kemungkinan; member Kanji dan Hiragana baru tidak akan ikut di single ini. Atau hanya Kanji yang ikut, meski teori ini kemungkinan tidak karena jumlah member Kanji 1 & 2 hanya 29 orang.

Jadi memang kemungkinan besarnya member baru masih belum akan ikut di single ini. Menurutku, Keyakizaka 8th single ini hanya akan jadi single pengisi status quo.

18-nin “senbatsu”?

Dengan kemungkinan kalau member Gen 2 belum akan ikut di single ini, maka “senbatsu” hanya akan berisi 18 orang. Kenapa aku bilang begini? Karena kalau member dinaikkan ke “senbatsu” maka bisa dipastikan akan ada riot di fandom. Termasuk aku.

Well, dengan 18-nin senbatsu, yang lebih menarik tentu menebak-nebak posisinya. Tapi sebelum itu, harus dipikir dulu apa dari 18 member Kanji, memang akan ada 18 yang ikut di Keyakizaka 8th single ini? Setahuku belum ada berita official kalau Aoi sudah kembali dari hiatus.

Ya dia ikut di PB grup kemarin, tapi belum ada informasi lebih jauh kalau dia akan berpartisipasi di 8th single. Lalu yang kedua, jelas Tecchi. Dengan cederanya, kurasa dia akan absen di single ini. Selain itu sama seperti Aoi, belum ada sedikitpun berita kalau Tecchi sudah kembali beraktivitas.

Nah, mengasumsikan dua member ini bisa dikesampingkan dulu, maka formasinya jadi 16-nin, formasi ideal yang sering digunakan Nogi di era 2014-2016. Dengan jumlah lebih sedikit, kita akan kehilangan formasi dance khas Kanji yang jadi daya tarik utama, tapi nilai yang sepadan untuk angin perubahan.

Dengan 16-nin, untuk urusan formasi kurasa masih sama saja, kurang lebih, dengan Ambivalent. Soal siapa yang akan ada di 3rd, 2nd, atau front row menurutku jadi kurang menarik untuk dibicarkan, toh tiap single masih berganti-ganti. Jadi langsung saja ke topik selanjutnya; center.

Who Should Stand in Zero Position
Well, dengan asumsi kalau Tecchi akan absen di single ini -dan ini pertanyaan terbesarnya- maka siapa yang akan menggantikan posisinya sebagai center? Pertanyaan yang bisa dibilang kadaluarsa tapi selalu diulang kembali. Menurut kalian, siapa yang cocok jadi center?

Kalau untukku, ini pertanyaan subyektif ya. Siapa yang cocok jadi center akan tergantung pada member siapa dari penganut “asal-bukan-Tecchi” yang mereka favoritkan sendiri. Tapi, ayo bicara soal peluang, siapa saja yang paling bisa menggantikan Tecchi di single ini.

Syaratnya ada beberapa; 1. Punya presence kuat, 2. Punya popularitas yang setidaknya mudah dikenali oleh publik, 3. Bisa membawa hasil yang tidak mengecewakan (ini obyektif), 4. Asal-bukan-Tecchi.

Dari syarat yang ada, menurutku ada beberapa member yang bisa dijadikan pertimbangan; Neru, Pon, Yuuka, Risa, Kuritaro. Banyak juga ya, ayo kita bahas satu-satu. Pertama, untuk Neru. Dia punya semua syarat di atas, dan mudah saja menempatkannya sebagai member terpopuler Keyaki untuk general public.

weekly playboy_181118_0040-2.jpg
weekly playboy_181118_0046-2.jpg
weekly playboy_181118_0043-2.jpg
weekly playboy_181118_0049-1
weekly playboy_181118_0039
Dia mendapat individual job sebagai pemeran dalam drama juga, aktif di beberapa variety kelas atas, dan juga kalau kalian ingat, dia jadi member pertama yang menggantikan Tecchi sebagai face untuk Keyakise, yang mana dulu membuat heboh. Neru mungkin pilihan kalau mereka mau main aman.

Pon sedang dalam periode keemasan. Menjadi center untuk jadwal padat di akhir 2018 membuat presence Pon dilirik lagi, belum lagi sekarang dia mendapat PB. Kalau S&F ingin mencoba hal baru untuk Keyakizaka 8th single ini, Pon bisa dijadikan substitusi yang paling menjanjikan.

Untuk Yuuka, meski aku menyuarakan kekecewaan pada performanya, tapi apa yang akan terjadi kalau dia dijadikan center? Ini sudut yang menarik untuk dibahas. Sejujurnya, aku merasa Yuuka sebagai performer belum menunjukkan semua kapabilitasnya, so why not try?

Risa mungkin kandidat yang paling berpeluang kecil dari 5 nama yang kusebut, tapi sebenarnya dia termasuk member yang paling mungkin untuk jadi center. Karena apa? Risa punya image & presence yang lebih kuat dari tiga member sebelumnya. Dan yang paling mendekati aura Tecchi.

Sementara untuk Kuritaro, dia bisa dibilang kandidat terkuat untuk jadi center selain Pon. Saat menggantikan Tecchi dia mendapat sambutan lebih meriah dibanding Pon maupun Mizuho. Terkenal sebagai salah satu main dancer Kanji, membuat Kuritaro jadi center mungkin pilihan yang bisa dibilang logis.

Tunggu sebentar, di mana Mizuho kalau begitu? Dia mendapat atensi cukup besar saat menjadi center dan tidak masuk kandidat kuat? Ya. Karena bagiku membuat Mizuho menjadi center saat ini terasa terlalu cepat. Kalau diandaikan, waktu Kaze ni Fukaretemo rilis, berapa besar peluang Risa jadi center?

Kira-kira seperti itulah. Mizuho ada di posisi Risa waktu itu, terlalu beresiko meski sebagai substitusi dan personality, dia punya kemampuan. Bisa dibilang juga brand image-nya masih belum cukup kuat.

Dari 5 nama yang kusebut, siapa kandidat center favorit kalian? Hanya dari 5 ini, beda dengan vote di atasnya. Itu semua dengan skenario kalau Tecchi akan mengambil hiatus dari Keyakizaka 8th single ini.

The Son of The Suns may not even taking hiatus
no title
Nah, bagaimana kalau sebaliknya terjadi? Tecchi tidak hiatus dan masih menjadi center? Oh well, not a shocking story by any means. Kemungkinan ini tidak bisa dihindari, masih ada waktu satu bulan setengah sebelum single ini rilis -meski aku yakin saat artikel ini naik, formasinya mungkin sudah ditetapkan-

Kalau membuat Tecchi masih menjadi center, well, que sera sera, aku masih tetap akan mereview semua materinya, hanya saja untuk melihat mereka sebagai grup, aku akan lebih memilih Hiragana. Oh, dan semua kemungkinan tentang single debut mereka di bulan Maret, why should bother?

Menimbang perjalanan Keyaki di 2018, jelas Keyakizaka 8th single ini akan jadi single penting. Pertama karena ini akan jadi single pertama setelah banyak member graduate, perubahan sedang terjadi. Kenapa harus setengah-setengah. How many times I’ve said that?! It’s like I’m really forcing it right now!

Conclusion
Keyakizaka 8th single…..well, entahlah bagaimana perasaanku tentang single ini. Kalau sekarang sih aku lebih menunggu hari Minggu datang lebih cepat karena akhirnya Gen 4 Nogi akan diperkenalkan dan aku bisa memulai artikel first impression.

Berita tentang Keyakizaka 8th single ini pun rasanya biasa saja. Hambar. Bukan karena tidak menarik, tapi karena mencoba menebak kemana arah Keyaki -ehm, Kanji- akan berlayar itu susah. 8th single akan menjadi judgement andaikata memang akan ada perubahan.

Well, ini jadi pendapat yang memecah fandom jadi dua kubu; perubahan dan pragmatis. Kalau aku sih, terserah yang mana asal bisa membuat ketertarikan pada Kanji sebagai grup muncul kembali. Karena di awal tahun ini akan sibuk, mulai dari IZ*ONE, Keyaki, dan nantinya Nogi belum lagi TWICE yang juga biasanya merilis materi baru.

Satu lagi, invasi Hiragana yang semakin kuat. Kalau Kanji tidak bisa memberikan sesuatu yang beda di 8th single ini, bisa jadi aku juga mager untuk menulis review. Jadi, bagaimana dengan kalian?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

0 Response to "Prediksi Keyakizaka46 Single ke-8 senbatsu members !"

Posting Komentar